Jumat, 09 Oktober 2009

PUISI UNTUK PARA PEMUDA

Hari ini 28 Oktober adalah hari sumpah pemuda. Saya ingat kata-kata Bung Karno yang terkenal: “Berikan aku 10 pemuda. Aku akan sanggung merubah dunia.”

Pemuda yang dimaksud BK tentu saja bukan pemuda yang pemalas. Jadi pemuda seperti apa yang dimaksud BK? Penafsiran saya, 10 pemuda impian BK itu kira-kira seperti yang secara tak langsung tertulis dalam puisi yang saya tulis beberapa tahun lalu di bawah ini:

Pemuda itu cahaya
dan api yg menyala
yg dapat menerangi kegelapan
asa dan harapan
Pemuda itu pelopor
pembawa obor masa depan
penggerak nurani tua yg gersang

Pemuda itu Enerjik
dinamis
gelisah
selalu bergeliat
tak sabar akan waktu yg lambat
marah pada kondisi stagnan
yg tak berubah
karena perubahan bukti harapan
karena kemajuan tanda kedinamisan
karena kediaman adalah kematian
walau jasad bergerak
walau jantung berdegup
tapi jiwamu mati
dan liang kuburmu
adalah dirimu sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar